Pada kesempatan ini, bakti sosial tersebut dilakukan di Bekasi Timur.
Jakarta [UNAS] – Angka kematian pada ibu hamil, melahirkan dan anak saat ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kepedulian terhadap kesehatan ibu hamil perlu ditingkatkan, tidak hanya oleh keluarga dan masyarakat sekitarnya saja, namun yang terpenting juga kesadaran akan kesehatan dari ibu hamil itu sendiri. Karena itulah, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional menggelar bakti sosial melalui Kelas Ibu Hamil dan Pemeriksaan Antenatal bagi warga. Pada kesempatan ini, bakti sosial tersebut dilakukan di Bekasi Timur.

Acara yang melibatkan puluhan ibu hamil tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unas, DR. Rosmawaty lubis,M.Kes, Wakil Dekan FIKES Unas, Ns. Milla Evelianti, SKep, MKM, Ketua Program Studi D-IV Bidan pendidik FIKES Unas, Rukmaini, SST, MKeB, Kepala Puskesmas Karangkitri, dr. Hj. Sensusiyati,MARS, Lurah Margahayu, Suherman, SE, dan Kader Posyandu Kelurahan Margahayu. “Memberikan perhatian terhadap kesehatan ibu hamil itu sangat penting. Terlebih, data saat ini menunjukkan bahwa 70 persen ibu hamil di Indonesia masih mengalami anemia atau kadar Haemoglobin mereka yang kurang dari 11 mg persen,” papar Dekan FIKES Unas DR. Rosmawaty lubis,M.Kes dalam sambutannya membuka kegiatan yang diselenggarakan di kelurahan Margahayu rw. 01 dan rw 02 – Wilayah kerja puskesmas karangkitri Bekasi Timur, Selasa (17/6).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Karangkitri, dr. Hj. Sensusiyati,MARS menghimbau agar ibu hamil rajin memeriksakan kesehatan kehamilannya dan memanfaatkan kelas ibu hamil yang digelar oleh pihak puskesmas sebaik – baiknya. Karena melalui program kelas tersebut, ibu hamil akan memperoleh ilmu pengetahuan tentang bagaimana merawat kehamilan dengan baik, sehingga akan terlahir bayi – bayi Indonesia yang sehat dan cerdas.

Tidak hanya merasakan langsung manfaat kelas ibu hamil dan pemeriksaan antenatal secara gratis dengan ditangani oleh mahasiswi D-IV Bidan Pendidik dan dosen – dosen FIKES Unas saja, di akhir kegiatan, puluhan ibu hamil yang menjadi peserta dalam acara tersebut juga menerima paket sembako sebagai pelengkap bentuk kepedulian FIKES Unas terhadap warga Bekasi Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *